Laman

Jumat, 06 Januari 2012

RPP Cara Perpinndahan Kalor


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan      : SMA                         
Mata Pelajaran           : Fisika                        
Kelas/Semester           : X/2                           
Alokasi Waktu             : 2 jam pelajaran       
STANDAR KOMPETENSI
4. Menerapkan konsep kalor dan prinsip konservasi energi pada berbagai perubahan energi.
KOMPETENSI DASAR
4.2 Menganalisis cara perpindahan kalor.
A. INDIKATOR
1.        Kognitif:
a.      Produk
1)      Mendeskripsikan perpindahan kalor secara konduksi, konveksi dan radiasi.
2)      Melakukan percobaan sederhana tentang perpindahan kalor secara konduksi dan konveksi.
3)      Menginterprestasikan grafik hubungan antara konduktivitas termal benda dengan laju aliran kalor.
4)      Menginterprestasikan grafik hubunhan antara koefisien konveksi termal dengan laju perambatan kalor.
5)      Mengaplikasikan prinsip perpindahan panas dalam permasalahan sehari-hari.
b.      Proses
Melakukan percobaan sederhana untuk menyelidiki perpindahan kalor secara konduksi dan konveksi, meliputi:
1)      Merumuskan masalah
2)      Merumuskan hipotesis
3)      Mengidentifikasi variable-variabel
4)      Menyusun data percobaan
5)      Membuat grafik
6)      Menganalisis data
7)      Menyimpulkan
2.        Psikomotor
a.      Melakukan percobaan perpindahan kalor secara konduksi.
b.      Melakukan percobaan perpindahan kalor secara konveksi.
c.       Mengukur perubahan suhu.
3.        Afektif
1.    Karakter: Berpikir kreatif, kritis, dan logis, jujur, bekerja teliti, aktif, mandiri dan berperilaku santun.
2.    Ketrampilan sosial: bekerjasama, menyampaikan pndapat, mendengarkan dan menanggapi pendapat orang lain.
B. Tujuan Pembelajaran
1.        Kognitif
a.      Produk
1)      Dengan kalimat sendiri, siswa dapat mendeskripsikan pengerian perpindahan kalor secara konduksi, konveksi dan radiasi.
2)      Dengan seperangkat alat percobaan perpindahan kalor secara konduksi, siswa dapat melakukan percobaan pengaruh konduktivitas termal dengan laju aliran kalor.
3)      Dengan seperangkat alat percobaab perpindahan kalor secara konveksi, siswa dapat melakukan percobaab pengaruh konveksi termal dengan laju perambatan kalor.
4)      Berdasarkan hasil percobaan, siswa dapat menginterpretasi grafik hubungan antara konduktifitas benda dengan laju aliran kalor.
5)      Berdasarkan hasil percobaan, siswa dapat menginterpretasi grafik hubungan anatra konveksi termal dengan laju perambatan kalor.
6)      Dengan penyajian permasalahan sehari-hari yang berhubungan dengan perpindahan kalor, siswa dapat mengaplikasikan prinsip perpindahan kalor untuk memecahkannya.
b.      Proses
Disediakan seperangkat alat percobaan perpindahan kalor secara konduksi dan konveksi, siswa dapat melakukan percobaan untuk menyelidiki laju perpindahan kalor sesuai dengan rincian tugas yang ditentukan di LKS meliputi : Merumuskan masalah, Merumuskan hipotesis, Mengidentifikasi variable-variabel, Menyusun data percobaan, Mengkomunikasikan data percobaan, Menganalisis data, Menyimpulkan.
2.        Psikomotor
a.      Disediakan seperangkat alat percobaan, siswa terampil melakukan percobaan perpindahan secara konduksi.
b.      Disediakan seperangkat alat percobaan, siswa terampil melakukan percobaan perpindahan secara konveksi.
c.       Disediakan alat ukur suhu, siswa dapat mengukur suhu benda.
3.        Afektif
a.      Terlibat aktif dalam pembelajaran dan menunjukkan karakter Berpikir kreatif, kritis, dan logis, jujur, bekerja teliti, aktif, mandiri dan berperilaku santun sesuai LP: pengamatan perilaku berkarakter.
b.      Bekerjasama dalam kegiatan praktikum dan aktif menyampaikan pendapat, menjadi pendengar dan menanggapi pendapat orang lain sesuai LP: ketrampilan sosial.
C. Materi Pembelajaran
Kalor dapat berpindah melalui zat padat, zat cair, dan gas. Bahkan kalor dapat merambat melalui ruang hampa. Kalor berpindah dari benda yang suhunya tinggi ke benda yang suhunya rendah. Perpindahan kalor ada 3 macam, yaitu: konduksi, konveksi, dan radiasi.
1.        Konduksi
·           Konduksi adalah perpindahan kalor melalui zat padat tidak diikuti oleh perpindahan partikel-pertikel zat padat tersebut.
·           Rumus menghitung laju aliran kalor:

Keterangan:
H     = laju aliran kalor (J/s)
A     = luas penampang bahan (m2)
   = selisih suhu (oC)
L      = tebal bahan (m)
k      = konduktivitas kalor atau termal bahan (tetapan)
2.    Konveksi
·           Konveksi adalah perpindahan kalor yang dilakukan oleh pergerakan fluida akibat perbedaan massa jenis.
·           Rumus mencari laju perambatan kalor:
Keterangan :
H     = laju perambatan kalor (J/s)
A     = luas penampang yang dilalui (m2)
   = selisih suhu (oC)
h     = koefisien konveksi termal (J/m2 s oC)
3.    Radiasi
·           Radiasi (pancaran) adalha perpindahan kalor dalam bentuk gelombang elektromagnetik, sehingga perpindahan kalor secara radiasi dapat melalui ruang hampa.
·           Rumus menentukan energi yang dipancarakan :
Keterangan :
W    = energi yang dipancarkan per satuan waktu setiap satuan luas (watt/m2)
σ     = tetapan Stefan-Boltzman (5,7 x 10-8 watt/m2 K4)
T      = suhu mutlak (oK)
e      = koefisien yang disebit emitivitas.
Catatan: Bahan ajar tentang perpindahan kalor pada buku siswa (Terlampir)
D. Model dan Metode Pembelajaran
Model Pembelajaran        :  Student Team Achievement Division (S.T.A.D)
Metode Pembelajaran       : Tugas; Kerja kelompok; Diskusi-Tanya jawab; Kuis; Percobaan/Praktikum.
E. Sumber Belajar
1.      Buku Siswa “Suhu danKalor”
2.      LKS-02 dan Kunci Jawaban LKS-02
3.      Lingkungan
F. Alat/Bahan
1.    Batang logam
2.    Thermometer
3.    Stopwatch
4.    Gelas Ukur
5.    Air
G. Kegiatan Belajar Mengajar
NO.
Aktivitas Pembelajaran
Alokasi Waktu
1.
Pembukaan (10 menit)
a.    Guru memberikan salam dan mendat siswa yang absen.
b.    Motivasi dan Apersepsi:
Siswa diminta memprediksikan jawaban dari LKS-01, guna mengukur tingkat pengetahuan tentang perpindahan kalor; siwa diminta menyampaikan pendapatnya tentang hubungan perpindahan kalor dengan kejadian di sekitarnya.
c.    Guru bersama siswa mengkomunikan tujuan pembelajaran: kognitif (produk,proses); psikomotorik; dan afektif (karakter dan keterampilan sosial).


2 menit

5 menit



3 menit
2.
Kegiatan inti (70 menit)
a.    Guru membimbing siswa untuk mendiskripsikan tentang perpindahan kalor berdasarkan buku siswa yang telah disiapkan.
b.    Guru membentuk kelompok yang terdiri dari 4-5 orang siswa.
c.    Secara berkelompok siswa melakukan percobaan pada LKS-02.
d.    Setiap kelompok mempresentasikan hasil percobaan di depan kelas dengan di moderator oleh guru.
e.    Guru memberikan kuis kepada siswa secara individu dan membahasnya secara bersama-sama.

5 menit


5 menit
30 menit
20 menit

10 menit
3.
Penutup (10 menit)
a.    Guru membimbing siswa untuk menyimpulkan hasil percobaan tentang hal-hal yang berhubungan dengan perpindahan kalor.
b.    Guru memberikan tugas rumah dari LKS siswa.
c.    Guru memberikan salam.

5 menit

5 menit

H. Penilaian
Teknik  :           Penilaian Produk (Terlampir)
                        Penilaian Kinerja (Terlampir)
                        Penilaian Afektif (Terlampir)

Pustaka
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah






Tidak ada komentar:

Poskan Komentar